Selasa, 05 April 2011

Cerdas HIV & AIDS Kunci nya adalah tetap waspada


Banyak yang masih membayangkan bahwasannya HIV & AIDS adalah penyakit yang berbahaya dan akan berujung pada kematian karena seseorang yang menganut seks bebas. Virus HIV tidak hanya bisa menulari orang yang berprilaku “nakal”, tetapi mereka yang setia pada pasangan nya pun akan dapat tertular. Menurut data dari UNAIDS penularan HIV tercepat yang berada di Asia adalah INDONESIA.

Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) jumlah orang yang terinfeksi HIV di indonesia mencapai 371.800, 90% berada di usia 20 – 49 tahun. Dibandingkan dengan lelaki perempuan yang terkena lebih sedikit yaitu 26%, tetapi jumlah ini terus meningkat tiap tahunnya hal ini terjadi karena masih sangat minim nya pengetahuan tentang HIV & AIDS.

HIV dapat menular melalui 4 cairan tubuh yaitu darah, cairan semen, cairan vagina, dan juga air susu ibu (ASI). Bahayanya HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah akan memperlemah sistem kekebalan tubuh dengan cara merusak sel darah putih limfosit T CD4. Salah satu virus HIV bisa bereplikasi sampai 5000 kali sehingga tubuh akan sangat mudah terinfeksi berbagai penyakit karena jumlah CD4 terus menurun. Keadaan inilah yang disebut dengan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). Menurut country manager IBCA dari indonesia menjelaskan bahwa orang normal memiliki jumlah CD4 antara 600 – 1400 sel darah, jika sudah memasuki fase AIDS maka jumlah CD4 akan berkurang dari 350 sel darah. Jika tanpa adanya perawatan dan pengobatan yang memadai maka mereka bisa meninggal dunia dalam waktu 1 – 2 tahun.

Tidak perlu takut untuk bergaul dengan orang yang telah terinfeksi HIV karena virus HIV tidak akan menular hanya melalui interaksi sehari - hari. Perilaku di bawah ini tidak akan menular jika di lakukan bersama – sama yaitu :

1. Bersentuhan, berjabat tangan, berpelukan, berenang, dan berciuman.

2. Menggunakan alat kerja yang sama seperti komputer, mesin fotokopi, alat tulis, kursi dan meja.

3. Mekan dan minum menggunakan alat makan yang sama.

4. Memakai toilet yang sama.

5. Berbagi ruangan kantor atau hidup serumah.

6. Batuk dan bersin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar