Selasa, 05 April 2011

tips agar warna batik tetap awet


Berikut ini adalah tips agar warna batik tetap awet

1. Hindari mencuci batik dengan deterjen. Gunakan sabun khusus untuk mencuci batik agar warnanya tidak cepat pudar.

2. Lebih baik saat mencuci batik gunakan tangan dan jangan mencampur pakaian lain dengan batik agar tidak cepat rusak dan luntur

3. Jangan menjemur batik di tempat yang langsung terkena sinar matahari agar warna pada batik tidak cepat pudar.

Hal yang perlu di perhatikan dalam membeli batik

1. PROSES PEMBUATAN

Proses pembuatan batik akan sangat mempengaruhi harga dan kualitas kain batik.

Seperti Batik tulis yang di kerjakan secara handmade akan membutuhkan waktu dan ketelitian sehingga harganya cenderung lebih mahal sedangkan batik cap yang dapat dikerjakan secara masal sehingga harganya akan lebih bersahabat dengan kantong anda.

2. BEDA MOTIF BEDA PULA MAKNANYA

Motif pada batik terbagi menjadi 2 yaitu motif tradisional (keraton) dan motif pesisiran.

Batik tradisional biasanya memiliki aturan karena setiap motif memiliki makna makanya seringkali motif batik ini digunakan hanya untuk acara adat saja bahkan beberapa diantaranya hanya boleh dikenakan oleh kalangan tertentu saja seperti anggota keraton.

Sedangkan untuk motif batik pesisir sudah terjadi pencampuran budaya lokal dan juga asing sehingga motifnya lebih beragam dan penggunaan nya tidak dibatasi.

3. MELIHAT KUALITAS BAHAN

Jika kain batik terbuat dari sutera maka tentu saja harganya akan lebih mahal di banding dengan kain batik yang terbuat dari bahan katun.

4. CEK BUJET

5. KAIN VS BUSANA

Keduanya bisa menjadi pilihan yang menarik tergantung dengan keinginan. Tidak semua kain batik memiliki motif yang pas dan cocok untuk diolah menjadi pakaian tetapi justru kain batik lebih cocok jika diolah menjadi selendang atau kain bawahan saja. Jadi bermainlah dengan model/siluet pada pakaian batik jika ingin terlihat lebih playful dan stylish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar