Selasa, 05 April 2011

donor darah

Saat ini PMI masih sangat membutuhkan darah dikarenakan setiap bulan permintaan darah kurang lebih 3000 kantong sedangkan donor yang diterima hanya 1000 – 1200 kantong . untuk itu mari kita tanamkan di dalam diri untuk aktif untuk menjadi pendonor karena setetes darah kita akan sangat berarti bagi hidup orang lain.

Banyak manfaat yang di dapat jika kita melakukan donor darah antara lain yaitu

1. Jika melakukan donor darah secara rutin maka otomatis darah di dalam tubuh akan berkurang . hal ini bisa merangsang kelenjar sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah yang baru sehingga jantung akan mendapatkan supply darah baru yang akan membuat kita menjadi lebih segar.

2. Jika rutin dalam melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali maka akan menurunkan resiko terjadinya kelainan jantung. Hal ini terjadi karena donor darah akan mengurangi kelebihan zat besi didalam tubuh, jika didalam tubuh terdapat zat besi yang berlebih maka akan membuat kolesterol jahat (LDL) membentuk Aterosklerosis (plak lemak yang berada di dalam tubuh yang akan menyumbat pembuluh darah).

3. Jika melakukan donor secara teratur maka kita akan mendapatkan pemeriksaan secara gratis seperti pemeriksaan fisik sederhana (pengukuran tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan) dan pemeriksaan beberapa penyakit tertentu.

Syarat untuk menjadi pendonor

1. Pendonor berusia 17 - 60 dan berat badan minimal 45 kg. Dikarenakan total volume darah orang dewasa sekitar 4,5 – 5 liter sedangkan sekali pendonor harus diambil darahnya sekitar 250 cc

2. Tanda vital baik, meliputi tekanan darah : sistol 110 – 160 mmHg dan diastole 70 – 100 mmHg. Denyut nadi teratur, 50 – 100 kali/menit. Suhu tubuh 36,6 – 37,5 derajat celcius. Hemoglobin cewe 12 gr % dan cowo 12,5 gr %.

3. Jika yang sudar pernah donor maka harus menunggu 3 bulan lagi untuk bisa donor dikarenakan dalam jangka waktu itulah terjadinya pembentukan sel darah merah yang baru dan juga pendonor hanya boleh mendonorkan darah nya maksimal 5 kali dalam setahun.

1 komentar:

  1. 5 kali dalam setahun ? Klo hitungannya 3 bln sekali, bukan.a 5 kali dalam setahun itu lebih dari 12 bln yah ??

    BalasHapus