Sabtu, 31 Maret 2012

Komputasi dan paralel processing


Komputasi adalah cara yang dipergunakan untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah ilmu yang memperhatian penyusunan model pada matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer yang digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah. Di dalam penggunaannya biasanya berupa penerapan simulasi komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
          Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Parallel processing adalah penggunakan lebih dari satu CPU yang nantinya dipergunakan untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya parallel processing yaitu membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi didalam prakteknya seringkali sulit sekali untuk membagi program sehingga program dapat dieksekusi oleh CPU yang berbeda-beda tanpa berkaitan di antaranya.
          Paralel processing juga dapat menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain pada jaringan, namun diperlukan software yang canggih yang disebut distributed processing software. Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar