Sabtu, 31 Maret 2012

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan





Makan merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan tenaga setelah melakukan segala aktivitas. Sayangnya ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang setelah makan, padahal kebiasaan tersebut bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Berikut ini kebiasaan orang yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan

1.       Jangan merokok
Sebuah Penelitian telah membuktikan bahwa merokok sebatang saja setelah makan maka sama saja bahaya dengan merokok 10 batang.

2.      Jangan langsung makan buah
Memakan buah-buahan langsung setelah makan besar maka akan menyebabkan perut di penuhi dengan udara. Untuk itu makanlah buah setidaknya tunggu 1-2 jam setelah makan besar atau setidaknya 1 jam sebelum makan besar.

3.      Jangan minum teh
Kandungan asam tinggi yang terdapat di dalam daun teh akan menyebabkan kandungan protein yang berada di dalam makanan yang anda konsumsi akan sangat sulit untuk dicerna. Jadi sebaiknya jangan minum teh ataupun es teh setelah makan, sangat dianjurkan untuk minum air putih setelah makan.

4.      Jangan mengendurkan ikat pinggang
Jika setelah makan kita mengendurkan ikat pinggang maka dapat menyebabkan usus terpelintir atau terblokir yang nantinya dapat membahayakan pencernaan anda.

5.      Jangan langsung berjalan
Berjalan setelah makan akan dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang anda makan

6.      Jangan langsung mandi
Jika setelah makan langsung mandi maka akan dapat meningkatkan aliran darah ke tangan, kaki, dan tubuh yang nantinya dapat menyebabkan darah di sekitar perut terus menurun dan hal ini nantinya akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut anda.

7.       Jangan langsung tidur
Setelah makan sangat di sarankan agar anda tidak langsung tidur karena makanan yang baru saja masuk ke dalam lambung nantinya bisa saja berbalik ke arah atas. Kondisi ini disebut dengan refluks esofagus atau esophageal reflux, yaitu kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus. Hal ini dapat mengakibatkan kerongkongan terasa kering, panas, dan terkadang akan membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah karena ada makanan yang berbalik arah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit maag atau tungkak lambung.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar