Jumat, 28 Oktober 2011

e-book dalam bidang pendidikan





Pengolahan informasi dan pendistribusian melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, tentu kemudian muncul berbagai macam inovasi baru yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi tersebut. Misalkan e-book  merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan dalam tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang di sajikan lebih inovatif di bandingkan dengan buku konvensial. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf,  jpeg, lit dan html.
Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD  yang mempunyai kapasitas sekitar 700MB, DVD  yang mempunyai kapasitas berkisar 4,7  -  8,5 GB maupun flashdisk  saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB . Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia.




Berikut ini adalah beberapa contoh dari buku elektronik yaitu :
1.        Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dibuka oleh Departemen Pendidikan Nasional. BSE merupakan buku elektronik yang mempunyai lisensi terbuka meliputi buku teks mulai dari tingkatan dasar sampai lanjut.
2.        Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia juga menyediakan sarana dengan nama BUKU-e. Selain untuk buku-buku ilmiah, BUKU-e LIPI juga ditujukan untuk buku 'pembelajaran ilmiah', seperti diktat, buku teks, dll. Termasuk buku-buku BSE juga di-mirror di BUKU-e LIPI.
3.       http://www.scribd.com
5.       http://ebook-id.com/ ,dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar