Jumat, 04 November 2011

Cara Menjaga Mata agar Tetap Sehat


1. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat
Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.

2. Bekerja / Bermain Komputer Jangan Terlalu Lama
Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

3. Bermain Video Game Jangan Terlalu Dekat
Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang main ps / playstation atau vido game sejenis lainnya dekat dengan layar tv. Sebaiknya biasakan marahi anak yang bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomor 1 di atas.

4. Membaca Buku
Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

5. Hindari Debu Dan Polusi
Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

6. Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A
Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.

 

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memberikan vitamin untuk mata agar tetap sehat

Wortel memiliki vitamin A, prekursor, dan betakarotein yang dapat memelihara kesehatan pada permukaan dan kelopak mata. Selain itu betakarotein atau antioksidan yang terkandung didalamnya berfungsi melindungi sel - sel mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas akibat polusi dan paparan sinar matahari yang berlebih.

Ubi Merah memiliki kandungan vitamin A, C dan betakarotennya yang cukup tinggi, ubi merah  juga dapat menangkal radikal bebas, serta dapat mengurangi bayangan hitam pada kantung mata.

Strawberry vitamin yang  terdapat di dalam buah ini adalah vitamin C, B, folat, serat dan berbagai kandungan phytochemical yang dapat mencegah kanker. Vitamin C yang terdapat pada strawberry digunakan untuk memperkuat jaringan ikat dan memelihara kesehatan pembuluh darah pada mata.

Alpukat Mengandung lebih banyak lutein dibanding buah lain. Zat ini mencegah degenerasi macular dan katarak. Selain itu, alpukat kaya akan vitamin A, C, B6, dan E.

Brokoli Kaya akan vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

Jeruk memiliki kandungan vitamin C, serat, folat, kalsium dan kalium yang dapat membantu  menjaga kesehatan mata. Selain itu, juga dapat menjagakesehatan  jantung dan berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh.

Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan lycopene, dua nutrisi penting untuk mata.

Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak, dan menjaga kesehatan mata.

Bawang putih mengandung selenium, vitamin C, dan quercetin.

Almond memiliki vitamin E dan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk jantung. Juga baik untuk melindungi kesehatan mata dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi udara secara berlebihan.

Tiram memiliki mineral, protein, antioksidan dan zinc yang cukup tinggi. Karena itu mampu  memelihara kesehatan mata dan dapat memelihara sistem kekebalan tubuh.

Bayam memiliki kandungan lutein besar yang terkait dengan vitamin A. Penelitian menunjukan bahwa orang yang makan sayuran berdaun hijau memiliki resiko penurunan degenerasi makula. Bayam juga memberikan zat besi, vitamin K, folat dan kalori yang rendah, yang baik untuk mata.

Salmon Kaya akan omega-3 yang penting menjaga kesehatan mata. Mengandung juga asam folik, vitamin D, B6, B12, dan A. Sebuah studi menunjukkan  orang yang memiliki cukup asupan omega-3 akan terhindar dari  mata kering.

 

 

Jadi Jagalah kesehatan mata anda agar anda tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus. Dengan mata yang sehat anda punya banyak peluang untuk tembus tes-tes kesehatan yang mengharuskan mata anda sehat walafiat. Hubungi dokter setiap anda punya masalah dengan mata.

Selamat mencoba.

 

 

Sumber : http://organisasi.org/tips-cara-menjaga-mata-tetap-sehat-bebas-rabun-jauh-dekat-dan-katarak-menghindari-penyakit-mata ; http://www.detikfood.com/read/2011/02/24/144636/1578450/900/makan-ubi-merah-mata-jadi-sehat ; http://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/11/195/478483/mata-sehat-jangan-sering-dikucek ;

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar