Minggu, 20 Maret 2011

Pacitan



Kabupaten Pacitan, merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Pacitan. Terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur,Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Tanah tersebut kurang cocok untuk pertanian.
Pacitan terbagi menjadi 12 kecamatan yaitu Pacitan; Kebonagung; Arjosari; Tulakan; Ngadirojo; Punung; Pringkuku; Donorojo; Nawangan; Tegalombo; Sudimoro dan Bandar
Pacitan juga memiliki tempat wisata yang indah, diantaranya Goa Gong, Goa Tabuhan, Goa Putri, Sumber Air Panas Arjosari, Pantai Teleng Ria, Pantai Srau, Pantai Kalayar.

Goa tabuhan
Gua Tabuhan terletak di barat daya pantai Jawa Timur. Gua ini disebut Tabuhan karena bebatuan yg ada di gua ini dapat digunakan untuk bermain musik khas jawa dan juga kerap mengeluarkan suara khas gamelan jawa. Gua ini sangat spektakuler , dengan varilored stalagmites ke atas mencapai setinggi 50 meter menuju liontin stalagtites dibentuk oleh tetesan air dari atap. Gua ini terletak di desa Wareng, Punung - Pacitan sekitar 40 km dari kota Pacitan ke arah barat.

Goa Putri
Goa Putri adalah goa yang di dalamnya terdapat keindahan panorama stalagtit dan stalagmit yang cukup indah. Goa ini dinamakan sebagai Goa Putri karena di dalam Goa stalagtit dan stalakmit nya konon mempunyai bentuk yang mirip seorang putri dan juga ditemukan tempat peristirahatan yang ada di dalam goa milik seorang putri.

Sumber Air Panas Arjosari
Pemandian air panas ini menyimpan berbagai khasiat dan manfaat karena mengandung belerang, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria merupakan sebuah teluk. Pantai ini diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia. Kendati pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan.

Pantai Srau
Pantai Srau merupakan salah satu objek wisata Kabupaten Pacitan. Berpasir putih, memiliki deretan pohon kelapa yang rindang, dan pengunjung bisa berkeliling di semenanjung yang menjorok ke samudra , Pantai Srau juga memiliki 3 sisi pantai, yaitu yang menghadap ke Timur, Selatan, dan Barat. Pantai ini terletak di kecamatan Pringkukuh pacitan, dari pantai ini kita bisa melihat 3 batu besar yg berjejer ditengah laut. Sangat indah dan menakjubkan.

Pantai Kalayar
Pantai Klayar berada di kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya sekitar 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak. Di pantai ini juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar