Minggu, 09 Mei 2010

Aceh diguncang Gempa 7,2 SR

Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter terjadi di kawasan Meulaboh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada Minggu (9/5) siang.
Informasi yang dihimpun dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyebutkan gempa terjadi pada pukul 12.59 WIB dengan lokasi 3,61 Lintang Utara dan 95,84 Bujur Timur.
Pusat gempa berada 66 kilometer barat daya Kota Meulaboh, 110 km barat daya Blangpidie, 126 km barat laut Labuhanhaji, 138 km barat laut Sinabang, dan 1.634 km barat laut Jakarta. Pusat gempa di kedalaman 30 km. Aceh Barat, NAD dengan kedalaman 30 kilometer dan berpotensi terjadi tsunami.
"Gempa terjadi di laut pada kedalaman 30 km sehingga berpotensi tsunami"

Guncangan Terasa hingga Kota Medan

Getaran gempa berkekuatan besar yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam, Minggu (9/5/2010) pukul 12.59, juga dirasakan hingga ke Kota Medan dan sekitarnya.Getaran gempa membuat warga Kota Medan dan sekitarnya panik dan berhamburan lari keluar rumah dan pusat-pusat perbelanjaan. Berdasarkan pantauan di lokasi, warga berhamburan dan memenuhi trotoar dan badan-badan jalan, seperti terlihat di kawasan Lapangan Merdeka dan pusat perbelanjaan Grand Palladium.

Hingga beberapa saat sejumlah warga masih bertahan di jalan-jalan atau di depan rumah mereka pascagempa. Meski getaran gempa cukup kuat dirasakan di Medan, tetapi tidak sampai merusak bangunan atau perabotan warga.Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat, gempa yang terjadi di kawasan Meulaboh, NAD, itu berkekuatan 7,2 skala Richter dan berpotensi tsunami. Gempa berpusat di 66 kilometer barat daya Meulaboh di kedalaman sekitar 30 kilometer.




sumber :
Metrotvnews.com;Kompas.com;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar